Kamis, 06 Juni 2013

Resensi Buku


PENGANTAR BUKU
Gambaran Umum Praktikum Perbankan Syariah
(Yogyakarta: Indie Book Corner, 2013)
Oleh: Hermansyah & Jaya Miharja
ISBN: 978-602-7673-91-5

Lembaga keuangan dan perbankan syari’ah di Indonesia saat ini tengah memasuki tahap early majority in mainstream market, hal ini ditandai dengan kompetisi, permintaan dan pertumbuhan yang tinggi. Demikian halnya dengan fasilitas layanan, memperluas jaringan dan aksesibilitas untuk bersaing dan dapat diterima konsumen.
Dampak yang lebih nyata dengan telah di tetapkannya UU Perbankan Syari’ah No. 21 Tahun 2008 adalah makin kompetitifnya persaingan dalam industry perbankan nasional baik perbankan syari’ah maupun perbankan konvensional. Untuk mengimbangi perkembangan perbankan syari’ah dalam aspek sumber daya insani inilah maka, menjadi penting keberadaan sumber daya insani yang memahami operasional bisnis perbankan syari’ah, yang keadaan tersebut dicoba dijembatani oleh sektor perguruan tinggi dengan penyusunan kurikulum yang bisa menjembatani gap kebutuhan sumber daya insani perbankan syari’ah nasional.
Maka melalui mata kuliah praktikum lembaga keuangan syari’ah atau perbankan syari’ah, yang menekankan aspek praktikum, prinsip dasar fiqh muamalah dan derivasinya dalam praktek lembaga keuangan dan perbankan syari’ah. Tujuan perkuliahan dalam mata kuliah ini yakni agar mahasiswa memahami perbedaan praktek bisnis lembaga keuangan syari’ah dan konvensional, memahami keunggulan/kelemahan praktek lembaga keuangan syari’ah, memahami prinsip dasar produk-produk bisnis lembaga keuangan syari’ah dan praktiknya, memiliki ketrampilan dalam mengaplikasikan produk bisnis lembaga keuangan syari’ah.
Penulis sangat menyadari buku pegangan mahasiswa ini masih sangat jauh dari memuaskan, disamping itu bahwa literature ataupun diktat mengenai praktikum lembaga keuangan dan perbankan syari’ah sangatlah kurang, karena itulah penulis bermaksud untuk memperkaya khazanah literatur untuk praktikum perbankan syari’ah. Buku ini ditulis dari berbagai pengetahuan yang diperoleh penulis, baik dari praktik maupun dari berbagai sumber dan literatur lainnya. Materi buku ini juga diperkaya dari pengalaman penulis mengampu mata kuliah praktikum perbankan syari’ah diberbagai lembaga pendidikan tinggi.
Akhir kata semoga buku ini dapat membantu para mahasiswa untuk mempelajari dan memahami praktikum lembaga keuangan dan perbankan syari’ah dan juga sebagai bekal kepada mereka yang hendak menerjunkan dirinya dalam kegiatan perbankan syari’ah di Indonesia, terima kasih.

**ooo00ooo***

Gambaran Umum Praktikum Perbankan Syari’ah
Copyright @ Hermansyah & Jaya Miharja
Cetakan Pertama      :  April 2013
Desain Sampul         : Puryani
Setting Layout          : Anne Shakka

Diterbitkan pertama kali dalam Bahasa Indonesia oleh
Penerbit Indie Book Corner Yogyakarta
Perum Buana Asri Village D4
Jl. Griya Taman Asri
Sleman,  Yogyakarta

Facebook.com/inibukuku
Twitter: @IndieBookCorner

0274 – 9207841

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang
Dilarang memperbanyak karya tulis ini dalam bentuk dan dengan cara apapun, tanpa izin tertulis dari penulis dan penerbit.

Perpustakaan Nasional RI: Data Katalog Dalam Terbitan (KDT)

Hermansyah & Jaya Miharja
Gambaran Umum Praktikum Perbankan Syari’ah, Hermansyah & Jaya Miharja, Cetakan 1, Yogyakarta: Indie Book Corner, 2013.

ISBN: 978-602-7673-91-5

I.        Gambaran Umum Praktikum Perbankan Syari’ah               II. Judul

0 Comments:

© Kontak : Herman_bismillah@Yahoo.co.id