INSTITUT AGAMA ISLAM QAMARUL HUDA
FAKULTAS SYARI’AH
Mata
Kuliah : Pengantar Bisnis
SMT/KLS
: Genap / IV (Empat) / A & B
Bobot
SKS : 2 SKS
Fakultas : Syari’ah
Pengampu : Hermansyah, SEI., MSI.
Tugas Pengganti UTS
1. Tugas bersifat kelompok yang
terdiri dari 3-5 orang per kelompok
2. Tugas dikumpulkan pada
pertemuan ke-7.
3. Tugas tidak boleh sama dengan
kelas lain. Jika ketahuan sama maka akan dikenakan sanksi dan berpengaruh
terhadap nilai akhir.
4.
Subyek tugas pengantar bisnis meliputi sektor
ekonomi informal sebagai berikut:
- Tukang Ojek (3 orang yang berbeda pangkalan)
- Penjual Jamu (3 orang yang berbeda lokasi jualan)
- Pedagang bumbu dapur (3 orang yang berbeda lokasi jualan)
- Pedagang Martabak dan Terang Bulan (3 orang yang berbeda lokasi jualan)
- Penjual Bakso (3 orang yang berbeda lokasi jualan)
- Penjual Rujak keliling (3 orang yang berbeda lokasi jualan).
- Jasa Tukang cukur (3 orang yang berbeda lokasi tempat cukur)
- Warung Nasi (Warung Jawa). (3 orang yang berbeda lokasi jualan)
- Penjual Cilok. (3 orang yang berbeda lokasi jualan).
- Penjual malam yang menggunakan tenda. (3 orang yang berbeda lokasi jualan).
5.
Lokasi tugas pengantar bisnis: Kabupaten Lombok
Tengah
6. Data dan informasi yang harus
dicari:
- Tanggapan masyarakat terhadap usaha tersebut, secara umum
- Jelaskan alat dan media atau modal kerja yang dibutuhkan untuk usaha itu apa saja.
- Teknik mendapatkan pembeli/pelanggan
- Jelaskan berapa modal yang dibutuhkan untuk usaha tersebut dan modal sosial apa yang mereka butuhkan untuk buka usaha tersebut.
- Analisa sosial ekonomi keberadaan usaha tersebut dalam jangka panjang dan kemampuan bertahan usaha tersebut.
- Dalam wawancara dengan informan beberapa informasi yang dipertanyakan antara lain: (a) alasan membuka usaha di kota lokasi tersebut, (b) pengadaan jualan yang disajikan, (c) waktu aktifitas usaha, dan (d) upaya untuk mempertahankan pelanggan (e) modal yang dibutuhkan dan; (f) kemampuan menghadapi persaingan.
7. Sistematika penulisan tugas
pengantar bisnis
I.
Pendahuluan
II.
Metode Penelitian
1.
Lokasi Penelitian
2.
Subyek Penelitian
3.
Teknik Pengumpulan Data.
III.
Hasil Penelitian dan Pembahasan
1.
Tanggapan masyarakat terhadap usaha tersebut,
secara umum
2.
Jelaskan alat dan media atau modal kerja yang
dibutuhkan untuk usaha itu apa saja
3.
Teknik mendapatkan pembeli/pelanggan
4.
Jelaskan berapa modal yang mereka butuhkan untuk
buka usaha tersebut dan modal sosial apa yang dibutuhkan untuk usaha tersebut.
5.
Analisa sosial ekonomi keberadaan usaha tersebut dalam
jangka panjang dan kemampuan bertahan usaha tersebut.
6.
Dalam wawancara dengan informan beberapa informasi
yang dipertanyakan antara lain: (a) alasan membuka usaha di kota Mataram, (b)
pengadaan jualan yang disajikan, (c) waktu aktifitas usaha, dan (d) upaya untuk
mempertahankan pelanggan (e) modal yang dibutuhkan dan; (f) kemampuan
menghadapi persaingan.
IV.
Kesimpulan
0 Comments:
Post a Comment